Daerah Penyumbang Panen Kopi Terbesar di Indonesia

sumber gambar: www.perfectdailygrind.com


Biji kopi memang telah menjadi komoditas alam Indonesia yang mendunia. Bahkan, menurut International Coffee Organization (ICO), Indonesia tercatat sebagai negara ke empat penghasil kopi dan eksportir kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Hingga saat ini, perkebunan kopi di Indonesia mencakup total wilayah kira-kira 1240 hektar, yang terbagi menjadi 933 hektare perkebunan kopi robusta dan 307 hektare perkebunan kopi arabika. Dengan produksi kopi mencapai lebih dari 600 ribu ton per tahun, berikut adalah daerah-daerah yang turut andil sebagai penyumbang hasil panen kopi terbesar di Indonesia.

1.   Aceh

Dataran Tinggi Gayo yang berada di Aceh Tengah sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbesar dan terluas di Indonesia. Total luas lahannya mencapai lebih dari 95 ribu hektare dengan produksi rata-rata per tahun mencapai 750 kilogram untuk setiap hektare.

Kopi arabika Gayo dikenal memiliki tingkat kekentalan ringan dan rasa asam yang seimbang. Dengan aroma harum yang khas dan rasa kopinya yang tidak begitu pahit, Kopi Gayo sempat beberapa kali dinobatkan sebagai kopi arabika terbaik di dunia.

2.   Sumatera Utara

Sidikalang, ibu kota kabupatan Dairi, merupakan daerah penghasil kopi terbaik di Sumatera Utara. Lokasinya yang berada di ketinggian 1500 di atas permukaan laut menjadikan daerah Sidikalang sebagai tempat terbaik untuk menanam kopi. Dalam setahun, rata-rata produksi kopi yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari 6750 ton untuk kopi robusta dan 2650 ton untuk kopi arabika.

Menurut para ahli kopi, kekhasan kopi nusantara asal Sidikalang ini didapat dari kombinasi hawa pegunungan yang dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan. Dengan cita rasanya yang kuat, kopi robusta Sidikalang bahkan telah digadang-gadang sebagai pesaing kopi terbaik asal Brazil.

3.   Lampung

Lampung merupakan salah satu daerah penyumbang hasil panen kopi terbesar di Indonesia. Sekitar 40 persennya dihasilkan dari perkebunan kopi yang berada di lereng Gunung Tanggamus, Lampung.

Kopi robusta Tanggamus dikenal memiliki kualitas yang sangat baik sehingga banyak diminati pasar lokal maupun internasional. Dibudidayakan di daerah pegunungan yang sejuk dan subur, kopi nusantara asal Tanggamus ini menjadi favorit di kalangan pencinta kopi berkat cita rasa chocolaty dan aroma kopinya yang kuat.

4.   Sulawesi Selatan

Satu lagi daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, yaitu Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan kopi nusantara lainnya. Kopi ini dikenal memiliki kandungan asam rendah dan tidak meninggalkan rasa pahit yang lama di mulut.

Itulah beberapa daerah yang menjadi penyumbang hasil panen kopi terbesar di Indonesia. Selain daerah-daerah diatas, masih banyak daerah lain yang juga turut andil dalam menyumbang komoditas kopi nusantara, seperti Kintamani, Flores, Wamena, dan masih banyak lagi lainnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar