Tips Membuat Kopi Nikmat di Rumah

Menikmati kopi yang enak tidak hanya bisa dilakukan di kafe-kafe mahal. Ingin tahu cara meracik kopi yang nikmat di rumah? Yuk, simak beberapa tips berikut.

1.   Pilih biji kopi berkualitas

Untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas, belilah biji kopi di kafe-kafe yang menjual biji kopi mentah. Di sana, banyak-banyaklah bertanya kepada si barista mengenai karakter dan cita rasa kopi yang akan Anda beli. Jika memungkinkan, minta juga si barista agar menyangrai biji kopi tersebut langsung di depan Anda.

2.   Gunakan grinder atau penggiling kopi

Setelah mendapatkan biji kopi yang berkualitas, maka saatnya Anda menghaluskan biji kopi tersebut hingga menjadi bubuk. Untuk menggiling biji kopi ini, Anda membutuhkan grinder atau alat penggiling kopi. Jika belum punya, Anda juga bisa menggunakan grinder yang biasanya dibeli satu set dengan blender yang Anda punya di rumah.

Sebagai saran, sebaiknya Anda tidak menyimpan bubuk kopi terlalu lama. Karena bubuk kopi bisa menyerap aroma yang ada di sekitarnya, sehingga jika disimpan terlalu lama akan membuat kualitasnya menurun. Akan lebih baik jika Anda menggiling kopi saat Anda benar-benar ingin meracik kopi.

3.   Filter

Setelah biji kopi sudah digiling, sebenarnya bubuk kopi tersebut bisa Anda buat kopi tubruk dengan cara menyeduhnya langsung menggunakan air panas. Namun, jika menginginkan cita rasa kopi yang lebih nikmat, Anda bisa menggunakan cara penyeduhan yang lain seperti filter.

Caranya, letakkan kopi bubuk di atas kertas penyaring (filter). Kemudian, tuangkan air panas secara perlahan di atas filter yang berisi kopi tersebut hingga Anda mendapatkan secangkir kopi. Filter kopi ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp28.000,00 untuk 40 lembarnya.

4.   Vietnam Drip

Vietnam Drip merupakan alat pembuat kopi yang berasal dari Vietnam. Untuk menggunakan alat yang satu ini, pertama, tuangkan bubuk kopi ke dalam Vietnam Drip. Setelah itu, ratakan bubuk kopi dengan cara menekan-nekannya menggunakan saringan bawaan dari Vietnam Drip. Jika sudah, tuangkan air panas dan biarkan kopi menetes ke dalam gelas yang ada di bawahnya.

5.   French Press

French Press merupakan salah satu alat penyeduh kopi yang banyak digunakan di rumah-rumah atau di kedai-kedai kopi. Utuk membuat kopi menggunakan French Press ini cukup mudah. Pertama, keluarkan saringan atau plunger dari dalam teko French Press. Kemudian, masukkan bubuk kopi ke dalamnya, tuangkan air panas, dan tutup kembali teko. Tunggu selama kurang lebih empat menit. Jika sudah, tuang kopi ke dalam cangkir untuk dinikmati.

 

Nah, itulah beberapa tips meracik kopi yang nikmat di rumah. Selamat mencoba!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar